1. Satuan Ukuran dalam Komputer
Bit merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital. Teori informasi juga sering menggunakan digit natural, disebut nit atau nat. Sementara, komputasi kuantum menggunakan satuan qubit, sebuah potongan informasi dengan kemungkinan informasi tersebut bernilai benar.
Bit juga digunakan sebagai satuan ukuran, yaitu kapasitas informasi dari sebuah digit biner. Lambang yang digunakan adalah bit, dan kadang-kadang (secara tidak resmi) b (contohnya, modem dengan kecepatan 56 kbps atau 56 kilo bit per second/detik). Satuan ini dikenal juga sebagaishannon, dengan lambang Sh.
Bit lebih menekankan pada penyimpanan data sebagai digit biner, dan biasa digunakan ketika membicarakan tentang kapasitas data. Shannon, walaupun mempunyai arti yang sama dengan bit, lebih mekekankan pada jumlah informasi yang dikandung.
Satuan-satuan ukuran bit komputer, diantaranya :
- Bit : Unit terkecil dari data yang menggunakan komputer. Hal ini dapat digunakan untuk mewakili dua negara bagian informasi, seperti Ya atau Tidak
- Byte : Ini adalah kumpulan unit dari 8 bit, di mana setiap bit menunjukkan nilai biner 1 atau 0
- Kilobyte(KB) : Kilobyte adalah sekitar 1.000 Bytes (tapi ukuran sebenarnya adalah 1.024 Bytes). 1 Kilobyte bisa menjadi ukuran teks dalam paragraf saat ini anda baca sekarang.
- Megabyte (MB) : Megabyte adalah 1024 kilobyte, kalau dicontohkan ukuran ini sekitar satu menit MP3 atau pic diambil dari kamera. Dulu, megabyte digunakan untuk menyebut ukuran Floppy disk yang dapat menyimpan 1,44 megabyte.
- Gigabyte (GB) : Ukuran Gigabyte adalah sekitar 1.000 Megabyte (tepatnya 1024 Mb). Gigabyte ini adalah ukuran yang paling umum digunakan untuk ruang penyimpanan dan memori sampai dengan hari ini. Gigabyte dapat berisi sekitar 10 meter dari buku di rak.
- Terabyte (TB) : Terabyte sekiranya akan dapat menampung kira-kira 200.000 foto atau lagu-lagu MP3 di drive ukuran 1 terabyte (harddisk 1.024 Gb).
- Petabyte : Sebuah Petabyte = 1.024 terabyte.
- Exabyte : Exabyte = 1.024 petabyte, atau 1,073,741,824 GBs
- Pettabyte : Sebuah Pettabyte = 1.024 exabyte, atau 1.099.511.627.776 GBs
- Yottabyte : Unit terbesar dari komputer, penyimpanan data atau ruang yang saya tahu hingga saat ini.
Sebuah Yottabytes = 1.024 zettabytes, atau 1.125.899.906.842.624 GBs.
2. Tipe Data
Tipe data merupakan bagian dari suatu program yang dibuat untuk melaksanakan suatu instruksi yang akan dilaksanakan oleh komputer. pada bahasa pemrograman pascal, tipe data dibagi menjadi 2 yaitu:
1. Tipe Data sederhana : adalah tipe data dasar, karena hanya mampu menyimpan satu nilai tiap satu variabelnya.
2. Tipe Data kompleks : adalah tipe data yang mampu menyimpan lebih dari satu nilai dalam tiap satu variabelnya.
2. Tipe Data kompleks : adalah tipe data yang mampu menyimpan lebih dari satu nilai dalam tiap satu variabelnya.
Pada tipe data sederhana di bagi lagi menjadi beberapa macam:
a. Integer ( Bilangan Bulat )
Integer merupakan nilai bilangan bulat baik dalam bentuk desimal maupun hexadecimal. Tipe data numerik yang termasuk integer adalah sebagai berikut :
– Byte : Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 dan menempati 1 byte ( 8 bits ) di memori
– Short : Memiliki nilai integer dari -32768 sampai 32767 dan menempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
– Int : Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai 2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) di memori
-Long : Memiliki nilai dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits ) di memori.
– Byte : Memiliki nilai integer dari -128 sampai +127 dan menempati 1 byte ( 8 bits ) di memori
– Short : Memiliki nilai integer dari -32768 sampai 32767 dan menempati 2 bytes ( 16 bits ) di memori
– Int : Memiliki nilai integer dari -2147483648 sampai 2147483647 dan menempati 4 bytes ( 32 bits ) di memori
-Long : Memiliki nilai dari -9223372036854775808 sampai 9223372036854775807 dan menempati 8 bytes ( 64 bits ) di memori.
b. Char
Char merupakan tipe data menyimpan karakter yang diketikkan dari keyboard yang Mendefinisikan integer tak bertanda dalam range 0 – 255.menuliskannya harus dengan memakai tanda kutip tunggal. Jenis data ini memerlukan alokasi memori sebesar 1(satu) byte untuk masing-masing data. Contoh: ‘B’ ‘h’ ‘+’,’d’.
c. String
Merupakan urutan-urutan dari karakter yang terletak di antara tanda petik tunggal. Nilai data string akan menempati memori sebesar banyaknya karakter string ditambah dengan 1 byte. Bila panjang dari suatu string di dalam deklarasi variabel tidak disebutkan, maka dianggap panjangnya adalah 255 karakter.
d. Real
Nilai konstanta numeric real berkisar dari 1E-38 sampai 1E+38. E menunjukkan nilai 10 pangkat, dan tipe data ini menempati memori sebesar6 byte.
e. Boolean
Tipe data boolean terdiri dari dua nilai saja, yaitu true dan false. Boolean sangat penting dalam mengevaluasi suatu kondisi, dan sering digunakan untuk menentukan alur program.
3. Struktur Data
Struktur Dataadalah cara penyimpanan, penyusunan dan pengaturan data di dalam media penyimpanan komputer sehingga data tersebut dapat digunakan secara efisien. struktur data berarti tata letak data yang berisi kolom-kolom data, baik itu kolom yang tampak oleh pengguna (user) atau pun kolom yang hanya digunakan untuk keperluan pemrograman yang tidak tampak oleh pengguna. Setiap baris dari kumpulan kolom-kolom tersebut dinamakan catatan (record). Lebar kolom untuk data dapat berubah dan bervariasi. Ada kolom yang lebarnya berubah secara dinamis sesuai masukan dari pengguna, dan juga ada kolom yang lebarnya tetap. Dengan sifatnya ini, sebuah struktur data dapat diterapkan untuk pengolahan database (misalnya untuk keperluan data keuangan) atau untuk pengolah kata (word processor) yang kolomnya berubah secara dinamis.
Struktur Data, meliputi:
–Struktur data sederhana, misalnya array dan record.
–Struktur data majemuk, yang terdiri dari:
Linier : Stack, Queue, sertaList dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
–Struktur data majemuk, yang terdiri dari:
Linier : Stack, Queue, sertaList dan Multilist
Non Linier : Pohon Biner dan Graph
Pemakaian struktur data yang tepat didalam proses pemrograman akan menghasilkan algoritma yang lebih jelas dan tepat, sehingga menjadikan program secara keseluruhan lebih efisien dan sederhana. Struktur data yang standar yang biasanya digunakan dibidang informatika adalah:
* List linier (Linked List) dan variasinya
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )
* Multilist
* Stack (Tumpukan)
* Queue (Antrian)
* Tree ( Pohon)
* Graph ( Graf )
4. Manajemen Memory
Manajemen memori sangat penting untuk memproses dan fasilitas masukan/keluaran secara efisien, sehingga memori dapat menampung sebanyak mungkin proses dan sebagai upaya agar pemogram atau proses tidak dibatasi kapasitas memori fisik di sistem komputer.
Fungsi manajemen memori :
1. Mengelola informasi memori yang dipakai dan tidak dipakai.
2. Mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan.
3. Mendealokasikan memori dari proses yang telah selesai.
4. Mengelola swapping antara memori utama dan disk.
1. Mengelola informasi memori yang dipakai dan tidak dipakai.
2. Mengalokasikan memori ke proses yang memerlukan.
3. Mendealokasikan memori dari proses yang telah selesai.
4. Mengelola swapping antara memori utama dan disk.
Manajemen Memori dibedakan menjadi dua. Manajemen Memori dengan swapping adalah manajemen memori dengan pemindahan proses antara memori utama dan disk selama eksekusi. Manajemen Memori tanpa swapping adalah manajemen memori tanpa pemindahan proses antara memori utama dan disk selama eksekusi.
Dalam prosesnya satuan tipe data dan struktur data saling terhubung terutama dalam manajemen memory. Dalam manajemen memory ada beberapa cara pemrosesan seperti STACK atau Queue. Dalam STACK (Tumpukan) proses manajemen memory berlangsung dengan cara LIFO (Last In First Out) jadi saat sejumlah satuan data masuk ke RAM untuk diproses data yang terakhir masuklah yang pertama kali diproses karena data yang masuk disusun bertumpuk jadi data terakhirlah yang berada paling atas. Sedangkan dalam Queue (Antrian) proses manajemen memory berlangsung dengan cara FIFO (First In First Out) jadi saat sejumlah satuan data masuk ke RAM untuk diproses data yang pertama kali masuklah yang akan diproses terlebih dahulu karena data yang masuk disusun menjadi antrian perintah.